Data, SASD, DASD, Batch Processing, Online Processing dan Real Time

ANNISYA EKATIANA
13509286
4PA05

DATA
Data merupakan bentuk jamak dari bahasa Latin datum yang berarti “sesuatu yang diberikan”.  Data juga merupakan fakta yang dikumpulkan, dicatat, disimpan dan diproses oleh sistem informasi. Fakta dikumpulkan untuk menjadi data yang kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, bahasa, ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa digunakan sebagai bahan untuk mengerti suatu konsep.

SEQUENTIAL ACCESS STORAGE DEVICE (SASD)
SASD merupakan alat penyimpanan dengan penyusunan dan pembacaan data ayng berurutan. Data yang disimpan dalam bentuk blok dan proses penulisannya hanya bisa dilakukan sekali. Metode susunan file ini disimpan berdasarkan suatu kunci dan pencarian record tertentu dilakukan satu demi satu berdasarkan kuncinya.
Contoh dari penyimpanan SASD adalah Kartu Plong atau Punched Card yang dikembangkan oleh Prof. Dr. Herman pada tahun 1887 dan digunakan untuk memproses sensus di USA tahun 1890. Kartu ini juga disebut sebagai 80-column punched card.
Pita Kertas merupakan lemabaran kertas yang umumnya mempunyai ukutan lebar 1 inch. Karakter direkam di pita dengan cara melubanginya. Data direkam pada pita menggunakan alat pengeplongan pita kertas yang dihubungkan dengan komputer atau mesin-mesin khusus lainnya. Data dapat dibaca menggunakan pembaca pita kertas.
Yang ketiga adalah Pita Magnetik yang dibuat dari pita plastik yang tipis dilapisi dengan lapisan magent iron-oxide berwarna merah kecoklatan. Pita yang berbentuk reel-to-peel tape banyak digunakan untuk komputer-komputer besar sedangkan untuk komputer kecil digunakan yang berbentuk Cartridge.

DIRECT ACCESS STORAGE DEVICE (DASD)
DASD merupakan perangkat penyimpanan sekunder yang langsung dapat membaca atau menulis ditempat tertentu.
Contoh dari penyimpanan DASD adalah Magnetic Disk yaitu suatu simpanan luar yang terbuat dari satu atau lebih piringan yang berntuknya seperti piringan hitam terbuat dari metal atau plastik dan permukaannya dilapisi dengan lapisan magnet iron-oxide.
yang kedua adalah Mikro Disk yang terbuat dari piringan plastik berukuran diameter 3 ½ inch yang cukup kecil untuk bisa dimasukan kedalam saku baju. Piringan dari micro disk ini dibungkus kedalam suatu tempat yang terbuat dari plastik keras sehingga lebih awet. Micro disk ini biasa kita sebut sebagai micro Floppy.
Contoh yang ketiga adalah Mini Disk yang sering dikenal dengan nama floppy disk, mini floppy disk, flexible disk atau diskette.
Last but not least, Hard Disk. Terbuat dari piringan keras dari bahan alumunium atau keramik yang dilapisi dengan zat magnetik bisa terdiri dari 5 sampai 100 piringan yang disusun. Data yang diletakan di Hard Disk akan direkam pada track tertentu di permukaan, bisa track satu penuh, maka akan dilanjutkan pada nomor track yang sama di permukaan selanjutnya .

BATCH PROCESSING
Pengolahan Batch Processing mencakup pengumpulan semua transaksi dan pemrosesan sekaligus, dalam batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data yang terdapat dalam batch tersebut. Contoh mudah dari Batch Processing adalah e-mail.  Kelemahan dari sistem ini adalah file yang baru akan menjadi terupdate setelah dilakukan siklus harian, ini berarti manajemen tidak selalu memiliki informasi paling update yang menggambarkan sistem fisik.

ONLINE PROCESSING
Online Processing ini merupkan sebuah sistem yang mengaktifkan semua periferal sebagai pemasuk data dalam kendali komputer induk. Informasi yang masuk merupakan refleksi dari kondisi data yang paling baru karena data akan terus ter-update ke data induk.

REAL TIME
Sistem ini mengharuskan komputer merespon dengan cepat pada status sistem fisik. Istilah realtime digunakan untuk menggambarkan sistem online yang bereaksi pada kegiatan sistem fisik cukup cepat unutk mengendalikan sistem itu.

SUMBER:
http://id.wikipedia.org/wiki/Online_analytical_processing
http://en.wikipedia.org/wiki/Online_transaction_processing
http://en.wikipedia.org/wiki/Batch_processing
http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20080103152811AAQTNLf
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120129044418AAlO04O
http://id.wikipedia.org/wiki/Data

http://ichnurezha.wordpress.com/2011/03/04/perbedaan-batch-processing-dan-online-processing/

http://cyrillusdodi.blogspot.com/2011/11/pengertian-online-processing.html
http://id.scribd.com/doc/82573838/11/Proses-Penyimpanan-Data

http://ndaabieterz.blogspot.com/2010/01/media-penyimpanan-data.html

http://amethyst070188.wordpress.com/2010/10/10/memory-komputer-sedikit-tentang-dasd-dan-sasd/
http://books.google.co.id/books?id=IdCbCvEi6jcC&pg=PA68&lpg=PA68&dq=Sequential+Access+Storage+Device&source=bl&ots=f7I5hcdJR9&sig=0OxnTUWqwrfDo5FtDjqkU7Fl4cw&hl=id&sa=X&ei=_3t7UPPkF8ryrQeMmIGYAQ&ved=0CDAQ6AEwAQ#v=onepage&q=Sequential%20Access%20Storage%20Device&f=false

http://books.google.co.id/books?id=VFFQD2eHGYYC&pg=PA331&lpg=PA331&dq=Pengolahan+Batch&source=bl&ots=Ur6YD1H220&sig=s22hBlHSkOlGvV__AplLTAhTAOk&hl=id&sa=X&ei=jYB7UP3WDYHVrQeEvIH4Dg&ved=0CFIQ6AEwCA#v=onepage&q=Pengolahan%20Batch&f=false

This entry was published on October 19, 2012 at 8:56 PM and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: