CBIS

Annisya Ekatiana
13509286
4PA05

Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer adalah sisttem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat abtn uyang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.
Istilah-istilah yang terkait dengan CBIS adalah
1.    Data yang merupakan kenyataan yang menggambarka suatu kejadian yang merupakan kesatuan nyata yang nantinya digunakan sebagai informasi
2.    Informasi merupakan hasil pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna
3.    Sistem meupakan entitas yang terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain yang memiliki tujuan yang sama
CBIS (computer based information system) memiliki lima subsistem, yaitu :
1.    AIS (accounting information system)
Aplikasi AIS menggunakan computer hanya untuk pengolahan data perusahaan yang bersifat sederhana, dimana informasi untuk manajemen masih merupakan produk sampingan.
2.    MIS (management information system)
MIS merupkan suatu tujuan sumber daya organisasi yang menyediakan informasi pemecahan masalah bagi sekelompok manajer secara umum yang mewakili suatu unit organisasi seperti suatu tungkat manajemen atau suatu area fungsional.
3.    DSS (decision support system)
Sistem penghasil informasi yang ditujukan untuk suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer serta pengammbilan keputusan. Jadi DSS dapat mendukung satu orang manajer sekalipun dengan masalahnya sendiri-sendiri.
4.    OA (office automation)
Aplikasi OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik, seperti modem, faksimil, mord-processing, electronic, dan desktop publishing.
5.    ES (expert system)
Ide dasar kecerdasan buatan (AI) adalah bahwa computer dapat diprogam untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia.

Evolusi CBIS
Pengembangan CBIS mengikuti Life Cycle yang terdiri dari:
Siklus hidup suatu sistem bisa berlangsung beberapa bulan ataupun beberapa tahun (dalam satuan bulan atau tahun). Penentu lama dan yang bertanggung jawab atas SLC berulang ialah pemakai CBIS.
Walau banyak orang mungkin menyumbangkan keahlian khusus mereka untuk pengembangan sistem berbasis komputer, pemakailah yang bertanggung jawab atas siklus hidup sistem. Tanggung jawab untuk mengelola CBIS ditugaskan pada manajer.
Seiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus hidup dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Tanggung jawab keseluruhan manajer dan dukungan tahap demi tahap yang diberikan oleh spesialis informasi digambarkan pada Gambar 1.14.
Ketika manajer memilih untuk memanfaatkan dukungan para spesialis informasi, kedua pihak bekerjasama untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah, mengidentifikasi dan mengevaluasi solusi alternatif, memilih solusi terbaik, merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, membuat basis data, dan menjaga kemutakhiran sistem.
Sumber:
juwita.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/3443/CBIS.doc
http://marlinapratiwi.blogspot.com/2008/05/computer-based-information-system-cbis.html
http://karismabening.blogspot.com/2010/12/evolusi-dari-computer-based-information.html
http://chianjell.blogspot.com/2011/12/evolusi-dari-computer-based-information.html
http://www.perpuskita.com/cbis/624/
http://sekolahtinggiilmuekonomiindonesia.wordpress.com/2011/09/
http://ikc.depsos.go.id/berseri/teguh-cbis/teguh-cbis-01.zip
http://yustus09.blogspot.com/2011/05/makalah-cbis.html
http://www.perpuskita.com/category/komputer/
http://greeaone.wordpress.com/2010/10/09/evolusi-sistem-informasi-manajemen-berdasarkan-cbis/
http://onlydirks.blogspot.com/2010/10/evolusi-cbis.html
http://sekolahtinggiilmuekonomiindonesia.wordpress.com/2011/09/17/contoh-makalah-sti/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/12/evolusi-sistem-informasi-manajemen-berdasarkan-cbis-computer-base-information-system/
http://books.google.co.id/books?id=VFFQD2eHGYYC&pg=PA89&lpg=PA89&dq=cbis+adalah&source=bl&ots=Ur6YC1N841&sig=aW7gpYFhqVMi_IG7MjehyrIEQPI&hl=en&sa=X&ei=yhN6UNbXCsjyrQem_4DABg&ved=0CDkQ6AEwAg#v=onepage&q=cbis%20adalah&f=false
http://books.google.co.id/books?id=IpjiCXNxIdQC&pg=PA183&lpg=PA183&dq=cbis+adalah&source=bl&ots=7uWAL8m53U&sig=H2bfzfqbZ4haVrYpKofIHVwHEgg&hl=en&sa=X&ei=yhN6UNbXCsjyrQem_4DABg&ved=0CE0Q6AEwBg#v=onepage&q=cbis%20adalah&f=false

This entry was published on October 14, 2012 at 3:00 PM and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: