Hubungan Arsitektur Komputer dan Kognisi Manusia

Annisya Ekatiana
13509286
4PA05

Komputer zaman dahulu mungkin hanya bisa mengerjakan hal-hal yang sederhana saja namun berjalannya waktu teknologi pun semakin maju dan pesat sehingga komputer sekarang dapat membantu manusia dalam mengerjakan hal-hal yang rumit sekalipun. Seiiring dengan berjalannya waktu komputer pun mengalami revolusi atau perubahan sesuai generasinya. Generasi-generasi komputer pun menjadi beberapa generasi. Mulai dari komputer yang hanya bisa mengerjakan hal yang sederhana hingga yang rumit. Bentuk maupun spesifikasinya pun berbeda. Oleh karena itu komputer sangatlah membantu dalam pekerjaan manusia. Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoprasian dasar dari suatu sistem komputer yang masih merupakan cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didisain. Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimanaCPU akan bekerja.
Kognisi adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatka dari proses berfikir tentang seseorang atau sesuatu. Seorang tokoh yang bernama Ausabel mengemukakan bahwa struktur kognitif merupakan organisasi pengetahuan atau dengan kata lain bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan. Kognisi juga merupakan aktivitas mental yang menggambarkan pemrolehan, penyimpanan, transformasi dan menggunakan pengetahuan. Otak manusia secara aktif mengolah informasi yang diterima dan mengubahnya dalam bentuk dan kategori yang baru.
Fungsi-fungsi kognisi
1.    Atensi dan kesadaran
Atensi adalah pemrosesan secara sadar sejumlah informasi dari informasi yang tersedia. Informasi didapatkan dari penginderaan, ingatan dan proses kognitif lainnya. Atensi terbgai  menjadi atensi terpilih dan atensi terbagi. Kesadaran meliputi perasaan sadar maupun hal yang disadari yang mungkin merupakan fokus dari atensi.
2.    Persepsi
Persepsi adalah rangkaian proses pada saat mengenali, mengatur dan memahami sensasi dari pnca indera yang diterima dari rangsang lingkungan.
3.    Ingatan
Ingatan adalah saat manusia mempertahankan dan menggambarkan pengalaman masa lalunya dan menggunakan hal tersebut sebagai sumber informasi saat ini. Proses mengingat adalah menyimpan suatu informasi, mempertahankan dan memanggil kembali informasi tersebut.
4.    Bahasa
Bahasa menggunakan pemahaman terhadap kombinasi kata dengan tujuan untuk berkomunikasi. Adanya bahasa membantu manusia untuk berkomunikasi dan menggunakan simbol untuk berpikir hal-hal yang abstrak.
5.    Pemecahan masalah dan kreativitas
Merupakan upaya untuk mengatasi hambatan yang menghalangi diselesaikannya suatu malasah atau tugas
Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa para perancang komputer merancang komputer sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh manusia secara efektif dengan mengikuti pola berfikir manusia.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
http://expolusion.blogspot.com/2010/02/arsitektur-komputer.html
http://journal.mercubuana.ac.id
http://panksgrunge.blogspot.com/2010/06/mengukur-kualitas-arsitektur-komputer.html
http://radmarssy.wordpress.com/2007/02/07/struktur-dasar-komputer/
http://lecturer.eepis-its.edu/~setia/ORKOMDwnld.html
http://ozygazebo.blogspot.com/2011/10/arsitektur-komputer.html
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&cad=rja&ved=0CFIQFjAI&url=http%3A%2F%2Fadisupe.files.wordpress.com%2F2010%2F07%2Fmodul_1_-_pengenalan_ask.pdf&ei=2stuUOraHo-rrAfPs4HwBA&usg=AFQjCNH8HwZRxA2DppOumLA-mJVEQq_cSQ&sig2=0gRAhR6B5e77mR7yNOlpAQ
http://psikologikelompokpsikologisosial.blogspot.com/2012/03/analis-struktur-kognisi-manusia-dan.html
http://fadlandyta.wordpress.com/2012/03/30/analisa-perbedaan-struktur-kognisi-manusia-dan-arsitektur-komputer/
http://id.wikipedia.org/wiki/Kognisi
http://www.anneahira.com/teori-perkembangan-kognitif.htm
yohanes_ari.staff.gunadarma.ac.id/…/files/…/pemrosesan+komp.pdf
http://aqwam.staff.jak-stik.ac.id/files/11.-imk%5B2%5D.doc
aqwam.staff.jak-stik.ac.id/files/11.-imk[2].doc
http://www.gudangmateri.com/…/arsitektur-dan-organisasi-komputer.html

This entry was published on October 7, 2012 at 11:55 PM and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: