The Machinist, Hail Christian Bale!

I re-watched The Machinist in my 6 days hiatus, i was lacking of something to watch. I remember how i was trully amazed by how the mighty Christian Bale lost so much weight to the point that i barely can recognize him. The Machinist dapet nilai 75% dari Rotten Tomateoes dan 7 koma sekian dari IMDB, sorry for the lack of knowledge i failed to open the internet but what i do remember is Christian bale bener-bener diacungin jempol karena berhasil nurunin berat badan sampe 28 Kg dalam 4 bulanan, dan itu dia lakuin pas lagi preperation film Batman Begins (TOLD YA HE’S GOOD).
Film ini simply bercerita tentang Trevor Reznik yang gak bisa tidur selama satu tahun, dia bilang kalau dia mau tidur selalu aja ada yang bikin dia kebangun lagi. Film yang disutradari sama Brad Anderson ini bener-bener ngasih tau siklus dari bagaimana lo bisa jadi skizofren menurut gw. Gak kayak film thriller lain yang Cuma ngasih tau tentang delusi dan halusinasinya dia (ex: Psycho, Fight Club, Shutter Island etc) film ini gasih tau kalau it only takes a simple guilt to drive people insane. Trevor Reznik setahun yang lalu lagi naik mobilnya nyalain car cigarette lighter sampe tiba-tiba dia nabrak anak yang dalam halusinasinya dia kasih nama Nicolas, di mobil itu pas kejadian tabrak itu dia lihat gantungan spion yang tulisannya Route 66, sama ibu Nicolas yang lari waktu ngeliat anaknya ketabrak yang terus dia kasih nama Marie, yang sering dia temuin di kantin bandara setiap malam terus juga ngasih tip yang super besar buat dia. Habis kecelakaan itu, Reznik mulai insomnia dan ceritanya sendiri mulai setelah satu tahun dari kecelakaan ini. Rasa bersalah Reznik makin bertambah parah karena dia mulai tidak bisa tidur yang menyebabkan turunnya berat badan yang super berlebihan atau emaciation yang merupakan hilangnya berat badan secara ekstrim sering menyebabkan malnutrisi dan kelaparan. Pada gangguan emasiasi berat badan penderita berkurang 20% sampai 40%. Kurangnya asupan makanan kedalam tubuh akan mengakibatkan gangguan terhadap metabolisme tubuh. Selain dilakukan penanganan secara medis tentang metabolismenya, psikoterapi juga harus dilakukan agar penderita dapat memperbaiki rasa takutnya pada masa lalu anyway CMIIW (corret me if i’m wrong –red).
Reznik bertemu Ivan, seorang pekerja yang tidak pernah ia temui selama dia bekerja di pabrik tersebut. Suatu hari Miller, meminta tolong pada Reznik something about his machine, i dont really get it what happened to the machine but i it’s kinda stuck and wont work, tapi Reznik malah got distracted karena dia ngeliat Ivan lagi bekerja sampe ahirnya tiba-tiba mesinnya nyala and cost Miller his left hand. Ada detective atau polisi yang interview Reznik tentang kecelakaan Miller, Reznik bilang kalau ini pure kecelakaan, dan he was distracted by Ivan, shockingly Manajernya yang nyebelin itu bilang gak ada yang namanya Ivan kerja di tempat ini.
Oh, dari beberapa scene bisa diliat juga kalau Reznik ini takut sama hampir semua benda yang dia pake, kayak waktu dia takut pas dia mau nyalain car cigarette lighter yang bisa lo hubungin dia takut karena masa lalunya yang juga bisa gw referensikan dengan Panphobia yang seinget gw adalah takut sama hampir semua hal atau hal yang gak spesifik.
Kecelakaan Miller ini ngebuat Reznik jadi berdelusi tentang adanya satu konspirasi dari temen-temen kerjanya yang di otakin sama Ivan, dari mulai mysterious hangman post-it yang ada di kulkasnya dia, kecelakaan mesin yang hampir motong tangan kanannya, dan semua bad thing that happened to him, dia fikir itu semua konspirasi semua orang dengan Ivan, yang bisa kita sebut dengan paranoia. Let’s make a SPOILER ALERT here cause i can’t take it any longer, Ivan itu adalah halusinasinya dia seseorang yang sebenernya itu gak ada, dan hanya ada di fikirannya dia. Dari semua ketakutannya dia tentang konspirasi Ivan ini, ketauan banget klo dia itu paranoia, since i’m paying attention on Mrs Diana’s Abnormal Class, i can tell you guys there’re 3 type of schizophrenia, Catatonic type, Paranoid Type, and Un-organized Type and this one is the Paranoia type which is ketakuan pada sesuatu yang irasional based on delusion, paranoid thinking include beliefs of conspiracy againts him yang disebabkan oleh rasa takut dan panik. He even accused Stevie the prostitute yang selalu ada buat Reznik ikut berkonspirasi sama Ivan.
Kalau ngomongin tentang film thriller itu sebenernya gak pernah jauh bahasannya dari psikologi atau bahkan skizofrenia, film-film thriller biasanya memanipulasi fikiran kita, membuat kita terus masuk kedalam delusi penderita, tanpa tahu mana karakter yang asli dan mana yang halusinasi. Dalam film ini gw bisa bilang film ini gak terlalu mengecoh gw kayak film Shutter Island atau Fight Club, karena di film ini lo bisa tahu bagaimana hancurnya Reznik dalam setahun Cuma karena rasa takutnya pada masa lalu, yang udah di kasih tanda ribuan kali dalam filmnya tentang “highway to hell” atau “road to salvation” ada banyak scene di film ini yang ngasih Reznik pilihan jalan, yang pada ahirnya Reznik sendiri milih buat jalan kekanan, “road to salvation” dimana dia ngelaporin diri ke polisi tentang kejadia setahun lalu ketika dia nabrak “Nicolas”.

This entry was published on August 24, 2012 at 10:04 PM and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: