Contoh Kasus Cognitif Behavior Therapy

Sebuah contoh yang bisa diterapkan untuk terapi ini adalah dalam sebuah film yang saya tonton yaitu American Horror Story ada seseorang pria paruh baya yang dating ke seorang terapis untuk mengatasi ketakutannya pada sebuah urban legend tentang hantu yang dikatakan akan datang membunuhnya ketika ia melihat kedalam kaca ketika klien mengatakan “here, piggy-piggy-pig”. Terapis tersebut menerapkan REBT pada kliennya, menanyakan tentang keyakinannya yang tidak rasional pada urban legend, mengkonfrontasikan ketakutannya pada hantu yang datang dan membunuhnya dengan menjelaskan bahwa urban legend adalah sesuatu yang dibuat oleh orang untuk menakut-nakuti orang lain, serta memberikan klien sebuah pekerjaan rumah pada klien yaitu untuk melihat kedalam kaca selama beberapa menit.

Dalam A-B-C framework, peristiwa klien mengatakan “here, piggy-pig-pig” merupakan point A, ketakutan akan dibunuh oleh hantu setelah mengatakan hal tersebut yang menyebabkan klien tidak pernah melihat kearah cermin merupakan point C, sedangkan keyakinan akan dibunuh oleh hantu itu sendiri merupakan keyakinan yang tidak rasional merupaka point B.

annisya ekatiana

(13509286)

3PA05

This entry was published on April 13, 2012 at 12:08 PM and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: