the story behind a song

Lo dengerin lagu, nyatet liriknya, nyanyiin lagu itu tiap hari. Tapi pernah gak sih lo penasaran cerita dibalik lagu-lagu itu? Atau lo Cuma memaknai dengan fikiran lo sendiri arti dari sebuah lagu? Oh iya paling banyak sih gw rasa suka sama satu lagu yang bener-bener lagi ngungkapin perasaannya sekarang. Ok hold up your brain smarty pants. Let’s hear the real story.

 

Gw paling suka cerita dibalik Tears in Heven-nya Eric Clapton. Lagu ini didedikasiin buat anaknya, Connor yang meninggla karena jatuh dari apartement di New York. Connor baru 9 tahun waktu dia meninggal, selama Sembilan bulan juga si Eric, ngerasa sedih banget banget. So, doi nulis lagu Tears in Heaven buat mengenang anaknya sendiri. Tragis emang, setiap lagu ini dia nyanyiin, selalu aja sedih banget bawaannya, harusnya anak yang mengubur orang tuanya, bukan orang tua yang mengubur anaknya. Anyway Eric memutuskan buat berenti nyanyiin lagu ini tahun 2003, karena dia udah bisa merelakan dan mengihlaskan kepergian Connor.

 

Eh gw lagi dengerin lagu Bohemian Rhapsody, as we know lagu ini bener-bener baguuuus banget sampe gw kayaknya ikutn sedih kalau lagu ini udah mulai habis. Mungkin gw udah muter lagu ini ratus ribuan kali kalau dihitung. Lagu ini super unik, 5 menit 55 detik total waktunya, banyak banget alat music yang dipake Freddy, kayak Fender Precision Electric Bass, Red Special electric guitar, Ludwig Drums, timpani dan sebuah Paiste Gong. Freddy sendiri menggunakan sebuah Bechstein “Concert” Grand Piano, yang digunakannya juga saat promosi video dan konser Tour Bohemian Rhapsody di UK . BTW lagu ini banyak bikin penasaran banget, sebenernya jalan ceritanya kayak apa sih? Jadi lagu ini bercerita tentang orang yang habis ngebunuh orang,  terus lagi di hokum mati, terus dia mulai minta tolong darimulai sama setan, sampe ke Allah. Quit interesting? Kata pengamat lagu ini ada bagian-bagiannya,

Introduction yaitu dari menit ke 0:00 smpai dengan 0:48
Ballad yaitu dari menit ke 0:48 sampai dengan 2:36
Guitar solo yaitu dari menit ke 2:36 sampai dengan 3:02
Opera yaitu dari menit ke 3:02 sampai dengan 4:07
Hard Rock yaitu dari menit ke 4:07 sampai dengan 4:55
Outro yaitu dari menit ke 4:55 sampai dengan 5:55

 

Despite all of that story behind the song, something romantic come, yup it’s Heart Shaped Box by Nirvana. Gak ngebosenin banget ngebaca biografinya Kurt Cobain berulang-ulang kali, yeah I know this dude have some kind of problem, tapi dia itu genius! Dari segala macem perjalanan rockernya dia, love, sex, drugs, dia sayang sama istrinya. Lagu ini romantis! Gak dari liriknya, tapi dari feelnya. Kayaknya berasa banget Kurt berterimakasih karena dia punya Courtney Love. Liriknya yang Forever in debt to your priceless advice itu ditujuin buat Courtney. Biarpun banyak yang bilang ini tentang ibunya karena the lyrics, “Throw down your umbilical noose so i can climb right back” is Cobain’s way of saying that he wants to climb back into his mother’s womb and restart his life. Calling it an umbilical noose indicates his suicidal tendencies. tapi tetep gw yakin ini tentang Courtney Love.

 

Lagu yang terahir itu Hey Jude, and hell yeah it’s the Beatles. Lagu ini awalnya Hey Jules, lagui ni dibuat sama Paul untuk Jullian anaknya John yang masih berumur 5 tahun pas John cerai. Lagu ini tadinya dibuat untuk menenangkan Jullian karena Jullian lebih dekat dengan Paul dibandingkan dengan John. Sweet right? Well another short trivia, lagu ini lagu terpanjang dari semua lagu yng pernah ada di dunia, total lamanya 7 menit 11 detik. You rock Paul!!

Well folks time to go! I have a paperwork that I forget to do. Adios!

 

 

XOXO

This entry was published on February 22, 2011 at 3:04 PM and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: