Not-so-Spooky-Thing Called GHOST

Call me skeptic or whatever you want, but I’m a big fan of problem-have-two-side-story-thing.

Waktu itu gw sempet berdebat sama orang soal hantu, ok gw percaya hantu itu ada tapi pasti ada cara lain buat ngejelasin apa itu hantu dibandingkan cuma arwah orang yang udah meninggal terus kembali menghantui orang yang masih hidup. Puhlease, sekarang bukan jaman dimana orang-orang masih nyembah keris atau bukan jaman orang nendang perahu terus jadi gunung karena cintanya ditolak. Cerita-cerita itu, Cuma dibuat sama orang jaman dulu karena mereka gak bisa ngejelasin apa yang terjadi, makanya dari situ muncul yang sering banget cerita-cerita yang jadi mitos. Well news flash for you, di jaman ini semuanya udah bisa dijelasin secara ilmiah, believe it or not, like it or not, diluar sana ada banyak banget orang pinter yang berhasil ngebuktiin sama kita semua kalau semua bisa masuk keotak dengan logis, gak dibuat-buat.

Ok Allah emang menciptakan makhluk yang gak bisa kita liat, makhluk yang bisanya cuma bikin merinding sama perasaan gak enak, its on Al-Quran and I believe it with all my heart. But you know what, actually agama sama pengetahuan emang kadang gak sejalan, tapi gak berarti kita jadi berhenti mempercayai agama hanya karena hal logis yang bisa masuk otak kan? Atau kita jadi nolak semua teknologi karena gak sejalan sama agama. I know life’s more than that. So please step aside and hear another logical explanation.

Sebenernya, terlepas dari hantu itu makhluk gaib yang menyeramkan, jin dan hantu terdiri dari unsur gelombang yang bisa menguasai ruang dan waktu didalam tubuh manusia yang bisa ngasih dampak negatif terhadap kesehatan dan mental. Nah kalau udah gini tubuh kita yang nangkep gelombang aneh ini, langsung memberikan kesan negatif sama jiwa kayak kelesuan kronik, gangguan mental, merasa sakit ini sakit itu. Tapi ketika si orang ini memeriksakan diri kedokter, dokter malah bilang gak ada penyakit apa-apa, tetapi anehnya orang ini merasa dia ada mengidap suatu penyakit. Hal ini adalah salah satu tanda dari gangguan ‘hantu’. Beruntunglah kita punya Allah, membaca surah Yasin bisa mengaktifkan reaksi kimia didalam darah dan ini didapati bisa memberi tekanan kepada hantu yang tidak dapat bertahan apabila peningkatan oksigen didalam aliran darah sebagai tenaga murni, jadi pengusiran ‘hantu’ secara ilimah kayak memancarkan gelombang infrasonic rendah secara terus-menerus ketubuh sampai si ‘hantu’ ini pergi gak dibutuhkan lagi.

Pernah nonton Exorcist kan? Atau mungkin sering nonton reality show yang sering ngasih liat orang yang kesurupan? News flash! Theres no such a thing as kesurupan. Kesurupan adalah fenomena serangan terhadap sistem limbic yang sebagian besar mengatur emosi, tindakan dan perilaku. Sistem limbic sangat luas dan mencakup berbagai bagian di berbagai lobus otak. Dengan terganggunya emosi dan beratnya tekanan akibat kesulitan hidup, timbullah rangsangan yang akan memengaruhi sistem limbic. Akhirnya, terjadilah kekacauan dari zat pengantar rangsang saraf atau neurotransmitter. Zat penghantar rangsang saraf yang keluar mungkin norepinephrin atau juga serotonin yang menyebabkan perubahan perilaku atau sebaliknya. Kalau udah begini, si orang yang kesurupan ini bakal mulai teriak-teriak, nangis-nangis dia bertindak kasar lari-lari, ngelemparin orang lain, ngalantur dan tiba-tiba bisa ngomong bahasa asing yang dia tidak tahu sebelumnya. Untuk kesurupan masal,  biasanya kalau satu orang udah kena ‘kesurupan’ ini orang yang lain yang ngeliat dan mentalnya gak kuat, pasti ikutan kena juga, in this case perempuan lebih sering kena ‘kesurupan’ ini karena lebih emosional dan beda secara hormonal sama anak cowok.

Temen gw kemaren cerita soal badanya yang ‘ketindihan’, itu loh yang katanya kalau tidur malem-malem terus badan kita gak bisa gerak berarti kita lgi ditindihin sama ‘hantu’ ini. Actually ketindihan itu udah bukan hal gaib lagi, dokter-dokter yang punya otak pinter ini udha ngebuktiin kalau ‘ketindihan’ itu gak ada hubungannya sama hal gaib, malahan dokter-dokter ini udah ngasih nama bagus buat gantiin ‘ketindihan’ yaitu Sleep Paralysis yang sebenernya adalah keadaan dimana kita gak bisa gerak mau lagi tidur atau bangun sekalipun. Sleep paralysis ini sering banget terjadi pas kita mau tidur atau menjelang bangun, dan sebenernya penyakit ini disebabkan oleh otak yang gak terhubung dengan badan. Gejala sleep paralysis ini bisa mencakup bau-bauan, suara-suara aneh malahan sampe ngeliat mahluk-mahluk serem yang lagi, kita sebut sebagai ‘hantu’. Sleep Paralysis ini terjadi kalau kita udah bener-bener tidur nyenyak, atau pas fase Rapid Eye Movement (REM) dia fase inilah si tubuh gak berhubungan dengan otak sehingga terjadi paralisis sementara di tubuh. Serem ya keliatannya? Tapi Sleep Paralysis ini gak bahaya kok, Cuma sensasi nyereminnya aja yang mikir kayaknya lama banget kalau kena Sleep Paralysis.

See? Semua bisa dijelasin pake akal sehat kan? Jadi bukannya gw mau ngancurin semua orang yang berprofesi dukun yaa, Cuma dari pada lo pergi ke dukun atau ‘orang pintar’ mending lo dateng ke orang yang bener-bener pinter, kayak dokter gitu misalnya? Atau guru besar? Atau siapapun yang penjelasan, atau metode penyelesaiannya gak membutuhkan kemenyan, bulan purnama, atau malah malam satu suro. There’s so much medical word huh? Ok then I’m signing out, Adios!

XOXO

This entry was published on December 16, 2010 at 8:00 AM and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: