Perkembanan Bicara Anak

Menangis merupakan satu-satunya alat komunikasi bayi. Namun kita dapat membedakan arti dari tangisan tersebut dari nada,pola, dan intensitas mdapat menandakan lapar, kantuk, atau marah. Ketika bayiberumur 6 minggu dan 3 bulan bayi mulai mengeluarkan bunyi tanpa arti sama sekalo, ketika mereka senang-menjerit, menggumam dan mengeluarkan suara vocal seperti “aah”. Pada sekitar 3 sampapi 6 bulan, bayi mulai bermain dengan suara bicara, mencocokan suara yang mereka dengar dari orang lain disekitarnya.

Mengulang-ulang kata seperti “ma-ma-ma” terjadi ketika usia 6 bulan sampai 10 buln, dan sering disalah artikan sebagai kata pertama bayi. Celoteh tersebut bukanlah kata sebnernya karena tidak membawa makna bagi bayi. Perkembamgan selanjutnya adalah imitasi bahasa, yang tidak sengaja dari suara yang bayi dengar dan ekmudian diimitasikan oleh si bayi. Pada usia 9 sampai 10 bulan, bati secara sengaja mengimitasi suara tanpa pemahaman. Begitu mereka memiliki sekumpulan suara mereka menguntainya kedalam pola yang terdengar seperti bahasa tapi tampaknya belum memiliki makna.

Sebelum bayi dapat menghubungkan suara dengan makna, mrekea sepertinya mengenali pola suara yang sering mereka dengar, seperti nama mereka sendiri. Bayi yang berusia 4 setengah bulang mendengar lebih lama nama mereka sendiri dibandingkan nama orang lain, bahkan nama dengan tekana yang sama dengan nama mereka. Bayi usia 6 bulan telah belajar mengenali berbagai suara dasar atau fonem. Dalam sebuah penelitian di USA dan Swedia bayi berusia 6 bulan secara rutin meng acuhkan variasi suara yang lazim dalam bahasa mereka tapi menyadari variasi pada bahasa yang familiar.  Kemampuan mendiskriminasi berbagai suara pada usia dini ini memrediksi perbedaan individual dalam kemampuan bahasa usia 13, 16 dan 24 bulan, menunjukan bahwa persepsi fonetik memegang peran penting dalam pemerolehan bahasa.

This entry was published on November 30, 2010 at 3:50 PM and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: