Kebab, Makanan yang Gak Boleh Dilupakan

Kebab (kebap, kabab, kebob, kabob, kibob, kebhav, atau kephav) adalah sebutan untuk berbagai hidangan daging panggang/bakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi. Hidangan ini umum dijumpai dalam masakan Laut Tengah, masakan Kaukasus, masakan Asia Tengah, masakan Asia Selatan, dan masakan beberapa negara Afrika.

Daging yang umum dipakai untuk kebab adalah daging domba dan daging sapi, atau kadang-kadang daging kambing, daging ayam, ikan, atau kerang. Kebab daging babi dikenal dalam masakan Armenia, Bulgaria, Siprus, Yunani, dan negara bagian Goa di India.

Nama kebab berasal dari bahasa Arab: kabab (کباب) yang awalnya berarti daging goreng, bukan daging panggang/bakar. Kata kabab kemungkinan berasal dari bahasa Aram: כבבא kabbābā yang mungkin berasal dari bahasa Akkadia: kabābu yang berarti “bakar, panggang”. Pada abad ke-14, kebab menjadi sinonim dengan tabahajah, hidangan berupa potongan daging goreng dalam bahasa Persia. Dalam buku-buku berbahasa Turki, istilah kebab sering dipakai untuk bola-bola daging yang dibuat dari daging ayam atau daging domba cincang. Istilah kebab baru berarti hidangan daging panggang (shish kebab) sejak zaman Kesultanan Utsmaniyah, namun masih ada istilah lain yang lebih kuno untuk daging panggang, yakni shiwa` (شواء ) asal bahasa Arab. Walaupun demikian, kebab masih dipakai dalam pengertian aslinya dalam berbagai hidangan seperti semur, misalnya tas kebab (kebab dalam mangkuk) dari Turki. Dalam masakan Mesir ada hidangan semur daging sapi dan bawang bombay yang disebut kebab halla.

Nah berikut ini kebab yang patut dicoba yang ada di Jakarta,

  1. Kebab Turki

Kebab ini bisa didapat dari kedai Baba Rafi yang ada di kotamu (coba cek www.babarafi.com )

Harganya juga pas terjangkau, Cuma Rp11.000,-. Meskipun ukurannya terlihat langsing, rasanya boleh dikasih dua jempol, irisan daging sapi panggangnya yang tipis terasa gari g banget dimulut.

 

  1. Latino Burrito

Ada di Pollo Campero Mal Metropolitan Lt 3, bekasi. Harganya juga lumayan Rp19.500,-. Tapi harga emang gak pernah menupih sih, rasa burrito yang hamper mirip sama kebab ini enak banget, ada dua rasa yag bisa dipilih taitu daging ayam yang di goreng (campero) atau di panggang (latino). Oh iya! Ukurannya juga cukup besar untuk mengganti makan siangmu!

 

  1. Chicken Shawarma

Little Baghdad, JL Kemang 1 no 72, Jakarta Selatan. Nah klo yang ini harganya lumayan mahal, sekitar Rp30.000,- tapi bener deh sekali lagi harga gak menipu. Rasa kebab yang ini bener-bener original! Potongan daginya berbau rempah-rempahan yang bener-bener enak! Belom lagi bonusnya kentang goreng dan side salad, yummy!!

This entry was published on October 19, 2010 at 2:58 PM and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: