Anoreksia

Pasti kalian pernah dong melihat Mary Kate Olsen dan kembarannya Ashley Olsen, artis Hollywood papan atas yang pernah dinobatkan menjadi “Kembar Terkaya di Dunia” ini pernah mengalami anoreksia. Badannya terlihat sangat kurus, tulang-tulangnya lebih menonjol keluar, bahkan dia hamper kehilangan nyawanya karena anoreksia.

Apa sih sebenernya anoreksia itu? Anoreksia adalah kelainan psikis yang diderita seseorang berupa kekurangan nafsu makan meski sebenarnya lapar dan berselera terhadap makanan anoreksia sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti “tanpa hasrat”. Penyakit ini berkembang pada tahap remaja awal dan akhir sekitar 12 sampai 18 tahun. Penyebab utama dari anoreksia adalah takut terlalu gemuk, atau obesitas. Umumnya anoreksia terjadi setelah wanita mendapatkan haid pertama, saat itu para wanita akan mulai sadar dengan pertambahan berat badan, padahal pertambahan berat badan ini sangat normal karena tubuh membutuhkan lemak untuk persiapan masa melahirkan dan menyusui. Tapi, wanita anoreksia akan mencoba untuk menurunkan berat badannya dan mencoba diet yang sangat ekstrim. Sekitar 95 persen penderita anoreksia adalah perempuan berstatus sosial ekonomi menengah ke atas. Kelainan ini mulai muncul di masa remaja dan kadang di masa dewasa. Anoreksia bisa bersifat ringan, sementara atau berat dan berlangsung lama. Penderita menganggap dirinya tidak menarik, tidak sehat dan juga tidak diinginkan. Penderita anoreksia bisa mengalami dehidrasi dan cenderung sering pingsan. Kelainan ini juga memicu kematian mendadak karena irama jantung yang tidak normal.

Tidak hanya wanita, anoreksia juga terjadi pada pria, Dikutip dari GeniusBeauty, berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh peneliti dari Robert Koch Institute di tahun 2008 mengungkapkan bahwa setiap lima dari warga negara di Eropa yang berusia 11-17 tahun menunjukkan beberapa gejala gangguan makan. Hal ini menunjukkan sekitar 15 persen dari jumlah anak laki-laki atau laki-laki dewasa muda memiliki gejala tersebut. Padahal sekitar 80 persen laki-laki dengan gangguan makan seperti bulimia atau anoreksia adalah laki-laki heteroseksual. Untuk mendiagnosis gangguan makan pada laki-laki akan lebih sulit dan membutuhkan waktu dua kali lebih lama dibandingkan perempuan. Hal ini disebabkan laki-laki tidak hanya memaksakan diri untuk menahan lapar tapi juga olahraga berlebihan, sehingga dalam jangka waktu lama laki-laki ini cenderung terlihat sehat dan berotot.

Berkurangnya berat tubuh sebesar 35% dapat menimbulkan anemia. Wanita yang menderita anoreksia biasanya juga mengalami masalah kulit seperti kulit kering, kulit pecah, rambut lepek, bahkan perubahan warna kulit menjadi kekuning-kuningan akan muncul setelah berat badan naik kembali. Komplikasi kardiovaskular melibatkan gangguan hati, tekanan darah rendah, dan dihubungkan dengan pusing saat berdiri, terkadang menyebabkan pingsan. Siklus menstruasi yang tidak teratur juga merupakan komplikasi yang disebabkan oleh anoreksia. Otot yang melemah dan pertumbuhan yang tidak normal pada tulang dapat muncul dan osteoporosis.

Angka kematian yang disebabkan oleh anoreksia diperkirakan 5% sampai 8% selama 10 tahun dengan kebanyakan kematian disebabkan oleh bunuh diri atau komplikasi medis yang dihubungkan dengan berat badan yang turun drastic.

Sumber : http://unic77.blogspot.com/2010/08/laki-laki-juga-bisa-kena-anoreksia.html

http://www.conectique.com/trend_tips_solution/_health/disease/article.php?article_id=2238&_page=1

This entry was published on September 27, 2010 at 6:42 PM and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: