Kekerasan Pada Anak

Belakangan ini di Indonesiasering sekali terjadi kasus penganiayaan terhadap anak. Dalam beberapa kasus, orang tua menjadi pelaku utama dari penganiayaan anak itu sendiri. Meski ibu telah diidentifikasi sebagai pelaku kasus penganiayaan fisik, diketahui bahwa ibu mengasumsi tindak kekerasan tersebut sebagai pembagian tanggung jawab.

Penganiayaan anak tidak timbul begitu saja, melainkan melalui peningkatan perilaku kekerasan yang ditampilkan oleh orang tua. Faktor-faktor seperti menyalahkan anak atas kekerasan yang dilakukan, digunakan untuk membenarkan tindak kekerasan yang semakin lama semakin meningkat frekuensinya. Orang tua yang menganiaya akan cendrung melihat perilaku anak yang salah sebagai tindakan disengaja walaupun si anak tidak sengaja melakukannya. Mereka, umumnya lebih mementingkan hukuman fisik dibandingkan penalaran sebagai cara untuk menyelesaikan masalah perilaku anak yang tidak baik.

Luka fisik yang diderita anak berupa memar, tanda barutan, patah tulang sampai luka dalam lainnya dapat memberikan efek psikologis yang sangat besar terhadap anak. Anak yang mengalami tindak kekerasan biasanya akan segan dalam bersosialisasi, kurang peduli pada orang lain, depresi, tidak percaya diri, dan perilaku buruk disekolah.

Menurut narasumber yang saya wawancara, memukul anak ketika mereka melakukan salah, lebih efektif dibandingkan dengan hanya memberitahu tindakan buruk mereka. Sehingga bagi beberapa orang tua, memukul anak menjadi hal yang tidak bisa disalahkan jika anak tersebut melakukan kesalahan.

This entry was published on May 28, 2010 at 1:48 PM and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: