Romeo dan Juliette

semua orang pasti tahu tentang Romeo dan Juliet, karya emas yang ditulis oleh W Shakespeare ini berkisah tentang dua orang remaja yang sedang jatuh cinta tapi dipisahkan oleh kedua keluarga yang bermusuhan. Berlatar belakang di Verona, menurut saya kisah ini menjadi kisah paling romantis sepanjang zaman dan juga mengubah pandangan orang lain tentang kota Verona sendiri menjadi kota yang paling romantis.

cerita ini dimulai dari pertengkaran abadi antara keluarga Montagues dan Capulet. saat itu, keluarga Capulet sedang membujuk Juliet untuk segera menerima Count Paris sebagai suami Juliet, sedangkan Romeo sedang deresi karea cintanya yang ditolak Rosaline, salah satu keponakan Tuan Capulet. karena meliat temannya yang sedang putus asa, Romeo dibujuk oleh Mercutio dan Benvolio untuk mengendap-endap masuk kedalam acara dansa keluarga Capulet dengan harapan akan bertemu Rosaline disana, bukannya bertemu dengan Rosaline, Romeo malam itu langsung jatuh cinta pada Juliet.

malam itu setelah pesta dansa selesai, Juliet mengutarakan isi hatinya tentang Romeo dibalkon kamarnya tanpa mengetahui Romeo berada dibawah balkonnya. Romeo memberanikan diri untuk terus bersama Juliet walaupun latar keluarga mereka yang tidak pernah rukun. dengan bantua Friar Laurance mereka menikah diam-diam.

Tybalt, sepupu Juliet sangat marah ketika mengetahui Romeo menyelinap masuk kedalam rumah Capulet. dia menantang Romeo untuk berduel, karena menganggap Tybalt teman, Romeo menolak tantangan Tybalt, tapi Mercutio yang memilih melawan Tybalt untuk membela kehormatan sahabatnya. hari itu Mercutio mati karena melawan Tybalt, marah Romeo membunuh Tybalt segera setelah Mercutio meninggal. Romeo diadili dan dibuang keluar Verona, bila dia kembali dia akan dibunuh oleh keluarga Capulet.

Juliet meminta pertolongan Friar Laurance untuk kembali mempersatukannya dengan Romeo. Friar Laurance memberikan sebuah racun kepada Juliet, racun itu akan membuat Juliet terlihat seperti mati untuk duapuluh empat jam dan berjanji akan memberitahukan Romeo tentang hal ini jadi, Romeo bisa menjemput Juliet dan pergi dari Verona untuk selamanya.

ketika Juliet dikabarkan meninggal, tidak satupun utusan dari Friar Laurance sampai ke Romeo untuk mengabarinya tentang rencana Juliet. Romeo yang putus asa karena mendengar Juliet meninggal menagmbil segala resiko untuk kembali ke Verona untuk terahir kalinya melihat Juliet. tidak lupa Romeo membeli sebuah racun untuknya bunuh diri disamping Juliet. Hari itu dia menyelinap masuk kedalam gereja tempat Juliet terahir dibaringkan. Masih percaya Juliet meninggal tanpa ragu dia meminum racun itu lalu menghembusakn nafas terahirnya.

Juliet yang terbangun sangat sedih ketika melihat Romeo meninggal disampingnya, dan tanpa ragu lagi dia menarik belati yang diabawa Rome dan menusuk jantungnya sendiri.

Kisah ini sudah berulang kali dipentaskan disebuah drama, berulang kali dijadikan sebuah film yang tetap menarik untuk ditonton. Tapi kalau kita liha lebih dalam apakah ini setara denan harga sebuah cinta? Seharusnya kedua keluarga tersebut menahan ego masing-masing sehingga tidak perlu ada rang yang terbunuh hanya karena cinta. Dicerita ini kita bisa melihat hilangnya rasa kemanusiaan karena cinta, bahkan cinta membuat semua orang menjadi buta. Kedua keluarga tersebut jadi harus menanggung akibat dari pertengkaran mereka sendiri saat kedua anaknya sama-sama meninggal. Menurut saya penderitaan yang dialami Romeo dan Juliet sama sekali tidak setara dengan harga sebuah cinta.

This entry was published on May 11, 2010 at 3:23 PM and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: